Resume Pertemuan 2 (PERILAKU DALAM BERORGANISASI)
Ø Karakteristik Biografik
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
Ø Usia
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
Ø Jenis Kelamin
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
Ø Kelengkapan Kepribadian
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
o Internal: percaya bhw nasibnya ditentukan oleh dirinya sendiri
o Eksternal: percaya bhw kekuatan luar (keberuntungan, kesempatan) akan mengontrol nasibnya
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
o Berpengaruh positif dan negatif (tergantung situasi kerjanya)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
o yaitu derajad sejauh mana seseorang individu bersifat pragmatis, menjaga jarak emosional, dan meyakini bahwa tujuan dpt membenarkan cara
o orang dg Mach yg tinggi cenderung pragmatis, tdk emosional, dan cocok utk suatu pekerjaan dg kecakapanbargaining (negosiasi)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
o pemantauan diri yg tinggi akan lebih mudah mengadaptasi perilakunya thdp situasi yg berbeda
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
Ø Persepsi
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
Ø Faktor-faktor Persepsi
1. Perceiver (orang yang merasakan) -> kesan yg ditangkap oleh indra, yg dipengaruhi oleh karakter pribadi seperti: sikap, motif, minat, pengalaman masa lalu, dan harapan
2. Target (sasaran) -> karakteristik sasaran yang diamati dapat mempengaruhi persepsi seseorang
3. Situasi -> elemen-elemen di sekitar sasaran, seperti: waktu, situasi kerja, situasi sosial
Ø Persepsi Terhadap Orang Lain
1. Selective Perception -> individu cenderung akan berpersepsi thdp org lain sesuai minat, latar belakang, dan pengalaman pribadinya
2. Halo Effect -> dlm mengambil kesimpulan ttg org lain cenderung hanya memperhatikan satu karakteristiknya saja
3. Contrast effect -> individu dlm mengevaluasi karakteristik seseorang cenderung membandingkan dg org lain yg ditemui sebelumnya
4. Projection -> individu menempatkan karakteristik pribadinya pd diri org lain yg hendak dinilainya
5. Stereotyping -> individu cenderung menilai karakteristik seseorang berdasarkan karakteristik kelompok asalnya
Ø Proses Belajar
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
o Perilaku merupakan fungsi konsekuensi
o Tahapan:
· Attentional process
· Retention process
· Motor reproduction process
· Reinforcement process
Ø Social Learning Process
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
![*](file:///C:/Users/deny/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
0 komentar:
Posting Komentar