Minggu, 23 Oktober 2011

TDA pertemuan 4

Tulisan Pertama

Peraturan :
  • Selalu menjaga hubungan dengan editor 
  • Tinjau secara terus menerus
  • Belajar dari kesalahan
  • Editor harus membaca detil apa saja yang dibuat dokumenter
10 aturan dalam menulis :
  1.  Identifikasi target / pembaca : Dengan mengetahui kondisi audien / pembaca maka seorang penulis akan bisa lebih mudah dan lebih cepat menyediakan artikel yang tepat.
  2. Bicara menggunakan bahasa pembaca : Gunakan bahasa yang umum dan bisa dimengerti oleh seluruh pembaca dari kalangan mana saja.
  3. Hindari istilah - istilah yang susah dimengerti : Hindari menggunakan bahasa asing (susah dimengerti), gunakan istilah lain yang umum dipakai oleh pemula atau orang awam atau istilah umum target pembaca.
  4. Hindari menggunakan kalimat terlalu panjang dan berbelit-belit : Kalimat yang terlalu panjang dan berbelit - belit menyebabkan para pembaca merasa kebingungan.
  5. Gunakan kalimat singkat dan sederhana : salah satu seni menulis adalah menggunakan bahasa yang singkat, dan sederhana. Tidak perlu menggunakan kalimat yang berputar-putar padahal maksudnya singkat.
  6. Langsung pada pokok pembahasan : Aturan ini sangat penting untuk meningkatkan konversi. Sering kali kita menginginkan pembaca melakukan sesuatu, kemudian memberikan cerita,atau dorongan berupa keuntungan, tujuan dan manfaat dari apa yang kita minta terhadap pembaca.
  7. Jelaskan pada pembaca tentang keuntungan bagi mereka : Anda tdak mungkin memaksa pembaca memaksa pembaca melakukan apa yang anda minta apalagi sambil ancam mengancam. Cara yang paling efektif adalah menumbuhkan keingin itu sendiri dalam diri pembaca. Caranya dengan mengutarakan untungan bagi pembaca.
  8. Berikan sentuhan kreatifitas pada tulisan : Maksudnya adalah ada kalanya anda perlu mencoba teknik baru dalam menuliskan artikel anda.
  9. Review ulang tulisan Anda : Tentunya untuk mengoreksi segala kesalahan agar apa yang telah kita tulis  menjadi semakin baik.
  10. Maksimalkan segala informasi : Akan lebih baik jika anda melakukan riset, mengumpulkan data secara maksimal dari buku, internet, ebook, forum agar apa yang anda sediakan benar-benar lengkap dan tidak salah. 
hal-hal yang perlu ditanyakan pada pembaca

  1. Apa pengalaman sebelumnya dari pembaca dalam suatu produk
  2. Apa subjek pengetahuan utama yang dimilki oleh pembaca
  3. Data apa yang ada pada komunitas
  4. Indikator apa saja yang dibutuhkan tetapi belum terpenuhi oleh pembaca
  5. Indikator apa saja yang ada tetapi tidak diapkai oleh pembaca
  6. Profil apa yang dibutuhkan oleh pembaca, berdasarkan data / asumsi umum

Paragraf
  • Kumpulan dari kalimat - kalimat yang membentuk suatu ide utama
  • Jangan menggunakan banyak paragraf kecil (beberapa kalimat saja)
  • Jangan membagi paragraf pada halaman terpisah
  • Selalu menempatkan line kosong (spasi) antar paragraf
Syarat sebuah paragraf
  • Kalimat Pokok : Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat pokok adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.
  • Kalimat Penjelas : Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberikan penjelasan tambahan atau detail rincian dari kalimat pokok suatu paragraf.
  •    
    Sumber :
http://ardilazuardi.wordpress.com/2009/11/04/definisi-paragraf/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More