Rabu, 11 Januari 2012

Resume PDB 9

Resume Pertemuan 9
Organisasi Formal & Organisasi Informal
Organisasi Formal
      Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
      Memiliki suatu struktur yang terumuskan baik, yang menerangkan hubungan:
      hubungan otoritasnya,
      kekuasaan,
      akuntabilitas dan tanggung jawabnya,
      bagaimana bentuk saluran-saluran
       melalui apa komunikasi berlangsung.
      Menunjukkan tugas-tugas terspesifikasi bagi masing-masing anggotanya.
Organisasi Informal
      Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
      sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi.
      Contoh: makan malam bersama
      Organisasi informal dapat dialihkan menjadi organisasi formal apabila hubungan di dalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan.
Pembagian Organisasi Informal Menurut Hicks
      Organisasi Primer:
     menuntut keterlibatan secara lengkap, pribadi dan emosional anggotanya.
     Berlandaskan ekspektasi timbal balik,  bukan pada kewajiban yang dirumuskan dengan eksak
     Contoh: keluarga
      Organisasi Sekunder, memuat hubungan yang bersifat
            – intelektual,
            – rasional, dan
            – kontraktual.
      Tidak bertujuan memberikan kepuasan batiniah
      Memiliki anggota karena dapat menyediakan alat-alat berupa gaji ataupun imbalan kepada anggotanya.
      Contoh: kontrak kerjasama antara majikan - calon karyawannya dimana harus saling setuju mengenai seberapa besar pembayaran gajinya
Jenis Kelompok Informal
a)      Horizontal Cliques
Yaitu kelompok informal yang keanggotaannya terdiri dari orang-orang yang berada pada tingkatan manajemen yang sama dan bekerja dalam bidang yang sama.
b)     Vertical Cliques
Yaitu kelompok informal yang keanggotaannya terdiri dari orang-orang yang berada pada tingkatan manajemen yang berbeda-beda, akan tetapi dalam suatu bidang yang sama
c)      Random Cliques
Yaitu kelompok informal yang keanggotaannya terdiri dari orang-orang yang berasal dari berbagai tingkatan manajemen dan yang berasal dari berbagai bidang.
Struktur Organisasi Formal
      Organisasi Garis
     Ciri-ciri:
1. Adanya kesatuan Perintah
2. Pembagian Kerja jelas dan mudah dilaksanakan
3. Organisasi tergantung pada satu pemimpin
 Kelebihan
            • Pengambilan keputusan cepat            • Pengendalian lebih mudah            • Solidaritas antar karyawan tinggi
      Kelemahan
            • Pemimpin cenderung otokratis
            • Ketergantungan kepada atasan sangat tinggi
• Membatasi kesempatan karyawan untuk 
         berkembang
      Organisasi Garis & Staf
     Ciri-ciri:
1. Umumnya digunakan untuk organisasi besar
2. Bidang tugas beraneka ragam sehingga memerlukan bantuan staf.
3. Pengawasan dan Spesialisasi berkembang dengan baik
     Kelebihan
            • Pembagian tugas jelas            • Mendorong timbulnya spesialisasi dan disiplin yang tinggi            • Penempatan orang pada tempat yang tepat            • Koordinasi mudah dijalankan
     Kelemahan
            • Membutuhkan biaya yang besar untuk operasionalnya
• Ditingkat operasinal tidak jelas antra perintah dan nasehat
• Solidaritas antar karyawam rendah
Kelebihan dan Kekurangan Organisasi Informal
      Kelebihan
     Memberi dukungan terhadap organisasi
     Menstimulasi komunikasi sebagai alat komunikasi tambahan
     Pemuas kepentingan sosial
      Kekurangan
     Sumber desas desus
     Menciptakan konflik
     Mendorong penolakan terhadap perubahan organisasi

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More