Rabu, 11 Januari 2012

Resume PDB 5-6

Resume Pertemuan 5-6

..::PERILAKU BERKELOMPOK & KOMUNIKASI::..

KELOMPOK
*      “Kumpulan yang terdiri dari dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantungan, yang saling bergabung untuk mencapai tujuan tertentu”. Source: Gibson

TIPE KELOMPOK
1.  Kelompok formal
- Suatu kelompok kerja yang ditandai dengan struktur organisasi, aturan, fungsi dan lain-lain
a.  Kelompok Komando (command group) =>  Kelompok yang tersusun oleh atasan dan bawahan dan ditentukan oleh bagan organisasi
b.  Kelompok Tugas (task group) => Kelompok yang ditetapkan secara organisasional yang    bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas
2. Kelompok informal
- Suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal atau tidak ditetapkan secara organisasi, terdiri dari dua tipe yaitu :
a.  Kelompok Kepentingan (interest group) Kelompok yang bekerja sama untuk mencapai  suatu sasaran khusus yang menjadi kepedulian bersama
b.  Kelompok Persahabatan (friendship group) Kelompok yang bersama-sama karena mempunyai kesamaan karakter

ALASAN BERKELOMPOK
*      Keamanan
*      Status
*      Harga diri
*      Afiliasi/pertalian
*      Kekuasaan
*      Pencapaian Tujuan
TAHAP PERKEMBANGAN KELOMPOK
*       Model 5 Tahap
ü  Pembentukan/forming
ü  Keributan/storming
ü  Penormaan/norming
ü  Pelaksanaan/performing
ü  Penundaan/adjourning
KESUKSESAN KELOMPOK
*      Kondisi Internal
ü  Kemampuan anggotanya
ü  Ukuran kelompok
ü  Tingkat konflik
ü  Tekanan informal pd anggota kelompok
*      Kondisi Eksternal
KONDISI EKSTERNAL KELOMPOK
1. Strategi organisasi
2. Struktur wewenang/otoritas
3. Aturan formal
4. Sumber daya organisasi
5. Proses seleksi
6. Penilaian prestasi dan sistem imbalan
7. Budaya organisasi
8. Kondisi kerja
STRUKTUR KELOMPOK
*      Kepemimpinan formal
*      Peran seperangkat pola perilaku yg diharapkan dr seseorang yg menduduki posisi tertentu dalam unit sosial tertentu
ü  Identitas peran: sikap & perilaku yg konsisten dengan perannya dalam kelompok
ü  Persepsi peran: cara pandang ttg perilaku yg diharapkan dilakukan pada situasi tertentu
ü  Pengharapan peran: perilaku yg diharapkan oleh org lain agar seseorang melakukannya dlm situasi tertentu
ü  Konflik peran: situasi dimana individu dihadapkan pd pengharapan peran yg bertentangan
ü   
PROSES KELOMPOK :
*      Sinergi
*      Efek fasilitas sosial

Tugas Kelompok :
*      Kompleks => membutuhkan informasi yg lengkap, tidak bersifat rutin
*      Sederhana => rutin, memiliki kejelasan prosedur

PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK
COMMUNICATION
*      Process of transmitting meaningful symbols between individual < William Albig >
*      Process of passing information and understanding from one person to another < Keith Davis >
*      Adalah proses pengiriman ide atau pikiran, dari satu orang kepada orang lain dengan tujuan untuk menciptakan pengertian dalam diri orang yang menerimanya ( C.A.Brown)

KOMUNIKASI SULIT ??
*      HETEROGEN PEOPLE
ü  BEDA LATAR BELAKANG
ü  BEDA TINGKAT PENDIDIKAN
ü  BEDA PENGALAMAN / PARADIGMA
ü  BEDA PEKERJAAN, KEBUTUHAN
ü  BEDA KEDUDUKAN
ü  BEDA GAYA …..dsb.

FUNGSI KOMUNIKASI
*      fungsi kontrol : pengendali perilaku
*      fungsi motivasi : faktor meningkatkan motivasi
*      fungsi ekspresi perasaan : penyampai perasaan kepada orang lain
*      fungsi informasi : penyampai data /informasi, lebih lanjut berguna untuk pengambilan keputusan

PROSES KOMUNIKASI
ARAH KOMUNIKASI
*      Komunikasi vertikal
*      Komunikasi ke bawah (memberi pengarahan, informasi, instruksi, dll)
*      Komunikasi keatas (suplai informasi yang terjadi di tk.bawah: laporan periodik, penjelasan, gagasan, dll)
*      Komunikasi Lateral/Horizontal
*      Komunikasi antara anggota dlm kel. yg sama
*      Komunikasi antara departemen pd tingkatan organisasi yg sama
*      Bersifat koordinatif
*      Komunikasi Diagonal

KOMUNIKASI FORMAL & INFORMAL
*      Formal
*      Dikendalikan oleh manajemen
*      Kadang-kadang menghambat proses komunikasi
*      Sebagian besar digunakan dlm penyelesaian tugas
*      Informal
*      Tidak dikendalikan oleh manajemen
*      Mudah diterima
*      Digunakan untuk menjalin hubungan lebih erat

HAMBATAN KOMUNIKASI EFEKTIF
*      Hambatan-hambatan organisasional
*      Tingkatan hierarki
*      Wewenang manajerial
*      Spesialisasi
*      Hambatan-hambatan antar pribadi
*      Persepsi selektif
*      Status/kedudukan komunikator
*      Keadaan membela diri
*      Pendengaran lemah
*      Ketidaktepatan penggunaan bahasa

PENINGKATAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI
*      Kesadaran akan kebutuhan komunikasi efektif
*      Penggunaan Umpan – Balik
*      Menjadi Komunikator yg lebih efektif

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More